Nefi Ernita - Puasa, No Problem!

Ramadan sudah di depan mata. Biasanya, awal-awal memasuki bulan suci tersebut merupakan hari-hari yang berat. Jika sebelumnya bebas makan, maka tidak saat Ramadan. Harus puasa makan.

Nefi Ernita - Puasa, No Problem!

Namun Nefi Ernita punya kiat khusus. Bagi perempuan yang kesehariannya menjadi relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Lumajang itu, puasa adalah hal yang biasa. Sama sekali tak mengganggu aktivitasnya. "Sudah terbiasa ya barangkali. Jadi tidak masalah," paparnya.

Sebagai relawan PMI Lumajang, kesehariannya dipadatkan dengan berbagai hal tentang aktivitas sosial. Pastinya, kesibukan yang sudah menjadi kebiasaan tersebut, bukanlah menjadi tekanan.

Dalam menghadapi kewajiban berpuasa, istri Pujo Asmara Hadi (pengurus KONI Lumajang) ini memiliki kiat khusus. Menjelang puasa, agar perut merasa terbiasa, dirinya melakukan manejemen jadwal makan. Makan tidak berlebihan dia biasakan. Dan, itu sangat bagus. Sebab, lambung tidak terlalu banyak terisi makanan.

Dijelaskannya, adalah tuntunan Rasulullah SAW, jika makan tidak boleh berlebihan. Selain bisa membuat tubuh tetap langsing, manejemen makan juga banyak berdampak pada kesehatan.

Perempuan berkerudung ini mengatakan, dia tidak pernah membatalkan puasa walau dalam keadaan seberat apapun. "Walau di perjalanan, Alhamdulillah saya tetap selalu berpuasa," papar perempuan yang tinggal di jalan Semeru, Lumajang ini.

Sehingga pada Ramadan tahun ini, dia tidak kaget. Sebagai persiapannya, dirinya sudah mulai melakukan persiapan. Di antaranya adalah menyiapkan multivitamin. Dia menilai, multivitamin penting untuk tetap menjaga vitalitas tubuh di tengah padatnya aktivitas.

Suplemen tersebut, kata dia, bisa menjadi pendorong stamina tubuh. Sehingga, tubuh tak akan mengalami dehidrasi meski aktivitas tetap super padat.

Nefi menambahkan, seluruh aspek menjadi pendorong kuatnya seseorang dalam melakukan ibadah puasa. Namun, yang paling utama adalah keimanan. Jika iman seseorang sudah kuat, maka tidak ada kata tidak untuk melakukan puasa. "Saya berharap tahun ini bisa menjalankan puasa dengan lancer dan tetap bias menyelesaikan aktivitas yang padat," katanya.

0 Response to "Nefi Ernita - Puasa, No Problem!"

Posting Komentar